Cisco Packet Tracer adalah program e-learning buatan Cisco yang akan mensimulasi jaringan komputer yang sebelumnya telah di design dan dikonfigurasi oleh pengguna. Simulasi workstation, server, router dan perangkat jaringan lainnya dibuat sangat mirip dengan aslinya. Sehingga kita bisa belajar jaringan komputer melalui simulasi program ini saja, tidak perlu biaya mahal untuk membeli komputer yang banyak untuk melakukan rekayasa yang kita inginkan. Tentu ini sangat menghemat biaya. Selain itu, dengan Cisco Packet Tracer, kita dapat mempelajari seluk beluk jaringan yang standar, tapi sangat mendalam.
Berikut Langkah – Langkah Uji Coba Simulator Jaringan dengan Cisco Packet Tracer :
1. Buka aplikasi Cisco Packet Tracer, lalu buatlah gambaran seperti berikut ini. Disini kita menggunakan 2 server, 1 switch dan 4 client PC. Bisa anda Download di : http://195.148.217.80/Public/Cisco/Programs/PacketTracer atau Kunjungi websitenya : http://www.cisco.com
2. Server pertama akan dibuat web server dan email server.
- Klik server pertama
- Klik Config, Global-Setting
- Lalu isi gateway-nya, contoh : 192.168.1.121 seperti gambar berikut.
3. Selanjutnya kita klik FastEthernet
- Masukan IP Address. Bebas mengisi IP address, namun IP-nya tidak boleh sama dengan gateway. Misalnya : 192.168.1.122
- Klik pada kolom subnet mask, maka otomatis akan terisi. Seperti pada gambar.
4. Selanjutnya Klik DNS, DNS Servicenya di “Off” (dimatikan)
5. Klik DHCP, servicenya pun di matikan juga (Off)
7. Selanjutnya kita akan menyeting email.
- Klik email
- Ketik nama domain, misalkan: intel.org
- Klik set
- Masukan user & password, misalkan: user = abi, password = 123
- Klik tanda “+”
- Perlu diingat disini kita membuat 4 client, maka harus membuat 4 user email juga
- Close
8. Setelah itu, klik “PC”
- Klik tab dekstop
- Klik Email
- Pada kolom “your name” masukan nama user yang sudah anda buat tadi. Seperti “Abi”
- Pada kolom “Email address” masukan alamat email (abi@intel.org)
Keterangan : “intel.org” merupakan domain yang dibuat di Email setting web server
- Pada kolom “Incoming mail server “ masukan IP (192.168.1.122)
Keterangan : “192.168.1.122” merupakan IP Address server pertama, karena kita
membuat email server di server pertama
- Pada kolom “outgoing mail server” masukan juga IP (192.168.1.122)
- Masukan user name dan password (username: abi dan password: 1234)
Keterangan : Username dan password harus sama dengan yang di buat di EMAIL server
- Klik Save
- Setting email di PC 1 telah selesai, lakukan settingan yang sama pada PC 2 , 3 dan 4
sesuai username dan passwordnya.
9. Server pertama sudah selesai kita setting menjadi “Web Server”. Selanjutnya server kedua akan di setting menjadi “Web Server, DHCP dan DNS”
- Klik gambar server
- Klik tab config, setting
- Masukan kembali gateway yang sama pada server pertama tadi, yaitu “192.168.1.121”
Keterangan: Gateway pada server harus sama.
10. Setelah itu klik FastEthernet
- Masukan IP : 192.168.1.123
- Keterangan: IP ini harus berbeda dari fastethernet di server pertama.
- Lalu klik kolom subnet mask, maka otomatis akan tampil subnet mask-nya.
11. Selanjutnya Klik DHCP
- Service dalam mode “ON”
- Isi default gateway : 192.168.1.121
- Masukan DNS server : 192.168.1.123
- Lalu isi maximum number of user, misalkan : 8
- Klik Save
12. Setelah itu Klik DNS, mode-nya pun jadikan “ON”
- Isi kolon Name dengan nama website yang akan dibuat. Misalkan : Hafizh.co.id
- Isi kolom Address dengan IP server pertama, yaitu: 192.168.1.122
- Klik Add
Keterangan : Disini menggunakan address 192.168.1.122, karena IP tersebut digunakan untuk web server pertama.
13. Tambahkan alamat web lagi untuk server kedua.
- Masukan nama website : hahaha.co..id
- Masukan address : 192.168.1.123
- Klik Add
Keterangan : Disini menggunakan address 192.168.1.123, karena IP tersebut digunakan untuk web server kedua.
14. Server kedua sudah selesai di setting. Selanjutnya setting PC/Client .
- Klik gambar PC/Client
- Klik tab config
- General – Setting, pada gateway/DNS, pilih DHCP, otomatis gateway dan DNS server nya akan muncul
- Lakukan hal yang sama pada PC/client 2, 3 dan 4
- Klik Close
15. Bila semuanya sudah di setting, sekarang sudah dapat di test.
Test Web Server:
- Klik PC/Client
- Klik tab desktop
- Klik Web Browser
- Masukan alamat web yang telah kita buat tadi, lalu klik go/tekan enter pada keyboard
- Cek pada PC yang dikirim,
- Klik PC penerima, disini PC2
- Klik dekstop
- Pilih / klik E Mail
- Klik receive
- Double click pada e-mail yang masuk tersebut untuk membacanya
0 komentar:
Posting Komentar